Teknik Merawat Mesin Pom Mini Digital

Teknik Merawat Mesin Pom Mini Digital...
Mesin pom mini yang banyak digunakan orang untuk usaha memenuhi kebutuhan pembelian bensin dikenal orang dengan istilah lain bernama pertamini digital. Pemilik mesin pom mini digital biasanya warung kecil yang berdagang di pinggir jalan atau bengkel kendaraan motor yang menjual peralatan otomotif. Satu hal yang sering dilupakan bahwa yang namanya mesin perlu dilakukan maintenance sebab dibuat orang tidaklah permanen. Untuk itu sangat diperlukan kepada siapapun yang punya mesin alat usaha pertamini ini mengetahui teknik merawat mesin pom mini digital agar awet sehingga bisnis harian pun lancar.

Baru disadari pentingnya merawat mesin digital pertamini ini bila sudah terjadi kerusakan. Padahal bila antisipasi dari awal sudah dilakukan maka masalah mati total mesin pom mini digital rakitan tidak akan menjadi fatal. Apabila mesin pom mini digital itu 2 noozel dengan double rangkaian mesin yang terpisah maka yang satu bisa jadi cadangan sehingga salah satunya bisa beroperasi berjualan. Namun apabila yang hanya 1 noozel 1 produk jualan maka total sebelum diatasi mesin itu tidak dapat menghasilkan income.

Dengan ini maka perlu kiranya siapa saja pemilik mesin mengetahui teknik merawat mesin pom mini agar awet terutama dalam hal digital elektriknya. Inilah tips cara perawatan dasar mesin pertamini digital :
  1. Cabut colokan listrik mesin atau matikan saja, bila daya tidak stabil terutama ketika ada petir atau terjadi hujan lebat. Hal itu untuk menghindari kerusakan pom mini pada bagian CPU modul elektronik dan program yang sangat sensitif pada listrik kalau tiba-tiba listrik mati / padam.
  2. Memasang stavol atau stabiliser listrik sebelum masuk pada mesin merupakan teknik praktis mengatasi masalah akibat kekurangan atau kelebihan daya listrik terutama di tempat yang jauh dari gardu PLN.
  3. Kontrol secara berkala minimal 1 bulan sekali kebocoran sambungan pada rangkaian pom mini di bagian bawah. Teknik sederhana menguji kebocoran dengan cara meraba di setiap tikungan atau sambungan apakah ada cairan keluar atau tidak.
  4. Uji akurasi kalibrasi literan setiap saat agar tidak terjadi tekor penjualan atau merugikan pembeli bensin karena bensin yang diterimanya kurang. Teknik untuk mengkalibrasi jumlah literan dengan menekan tombol rumus yang telah diberikan oleh penjual mesin saat membeli pom mini tersebut.
  5. Tanyakan kepada spesialis teknisi pom mini bila ada kejanggalan dalam kinerja mesin apabila tidak bekerja sebagaimana biasanya.
Itulah langkah-langkah teknik dasar merawat mesin pom mini agar awet. Konsultasi mengenai perbaikan dapat ditanyakan kepada mekanik profesional perawatan mesin pertamini digital An. Handi. Nomor Kontak : 085315211114.