Mesin Lubang Untuk Kancing Baju

Mesin Lubang Untuk Kancing Baju...
Melubangi kain untuk pasangan kancing salah satu diantara proses akhir dalam pembuatan pakaian. Baju kemeja, koko, blazer, jas maupun atasan wanita mesti terpasang kancing dan untuk membuat lubang pada pakaian tersebut diperlukan sebuah mesin lubang kain untuk memasang kancing baju. Alat mesin lubang itu menjadi kebutuhan di industri pembuatan pakaian skala kecil seperti konveksi maupun yang besar sekalipun / garmen.

Secara umum ada dua alat untuk melubangi kain untuk pasangan kancing. Pertama, mesin jahit biasa yang dipakaikan sepatu khusus untuk membolongi kain, dan yang kedua, mesin jahit lubang praktis khusus untuk membuat lubang kancing pada baju. Alat mesin lubang kancing yang kedua ini didesain peruntukannya selain untuk membuat bolongan pada kain juga membersihkan dari sisa-sisa benang bekas melubangi tersebut.

Tipe dan merk mesin lubang kancing yang ada di pasaran pada dasarnya sama saja dengan mesin jahit. Toh cara kerjanya pun sama, hanya saja yang berbeda terletak pada kaki pijakan yang ditambah semacam jalur khusus agar jarum jahit secara rapih membuat tusukan kecil-kecil dan rapat untuk dilubangi ditengahnya.

Adapun mengenai harga mesin lubang pasang kancing khusus didesain untuk kain pada pakaian tipis maupun tebal dalam kondisi baru katalog paling murah tergambar sebagai berikut :
Harga mesin lubang kancing Merk Juki Rp 13.500.000
Harga mesin lubang kancing Merk Brother Rp 15.000.000
Harga mesin lubang kancing Merk Trypical Rp 9.000.000
Harga mesin lubang kancing Portabel Rp 4.000.000
Nb. Sedangkan harga mesin lubang kancing praktis bekas sangat tergantung kondisi, bekas jahitan dan tentunya kualitas merk, type maupun model. Selain itu ada merk lain seperti, Siruba, Janome dan lain sebagainya.

Perlu diketahui pula bahwa mesin lubang kancing dapat juga dengan menggunakan mesin jahit multi fungsi seperti Janome SUV 1122. Mesin jahit tersebut ada tambahan fiture yang sangat berguna, yakni 1 step buttonhole. Setingan pada mesin tersebut bisa langsung membuat lubang kancing, termasuk ukuran lubang kancingnya yang secara otomatis ditentukan oleh mesin Janome. Perbandingan kelebihan dari mesin ini ditawarkan bila pakai mesin jahit multi fungsi Yamazaki, untuk membuat lubang kancing dibutuhkan setidaknya 4 langkah, belum termasuk memberikan tanda dan ukuran panjang lubang kancing tersebut, biar tidak kependekan atau kepanjangan jadinya. Sedangkan dengan alat ini tidak begitu.
Namun bila ingin hemat cara terkhir untuk membuat lubang kancing pakai sepatu khusus yang digunakan pada mesin jahit anda dan perhatikan juga settingannya. Sepatu mesin jahit yang standar adalah sepatu untuk membuat lubang kancing (buttonhole foot). Dengan harga sepatu jahit yang murah bisa pula membantu membuat lubang kancing dengan mudah dan tepat ukuran tidak peduli berapa lubang kancing yang akan kita buat. Terdapat dua jenis sepatu jahit lubang kancing yaitu sepatu jahit 1 langkah dan sepatu jahit 4 langkah, tergantung dari jenis mesin jahit yang anda punya.